Sabtu, 14 Agustus 2010

Pembuatan Tahu Belpas Godong



Pendahuluan

Tahu adalah makanan yang dibuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dan diambil sarinya. Berbeda dengan tempe yang asli dari Indonesia, tahu berasal dari Cina, seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso. Tahu adalah kata serapan dari bahasa Hokkian (tauhu) (Hanzi: 豆腐, hanyu pinyin: doufu) yang secara harfiah berarti "kedelai yang difermentasi".

Tahu pertama kali muncul di Tiongkok sejak zaman Dinasti Han sekitar 2200 tahun lalu. Penemunya adalah Liu An (Hanzi: 劉安) yang merupakan seorang bangsawan, cucu dari Kaisar Han Gaozu, Liu Bang yang mendirikan Dinasti Han. Di Jepang dikenal dengan nama tofu. Dibawa para perantau China, makanan ini menyebar ke Asia Timur dan Asia Tenggara, lalu juga akhirnya ke seluruh dunia.

Sebagaimana tempe, tahu dikenal sebagai makanan rakyat. Beraneka ragam jenis tahu yang ada di Indonesia umumnya dikenal dengan tempat pembuatannya, misalnya tahu Sumedang dan tahu Kediri. Aneka makanan dari tahu antara lain tahu bacem, tahu bakso, tahu isi (tahu bunting), tahu campur, perkedel tahu, kerupuk tahu, dan lain-lain.


Industri Murni Tahu belpas Godong berdiri sejak tahun 1985,lokasinya terletak di Desa bugel kec.Godong Jawa Tengah atau tepatnya sebelah selatan dari pasar Godong.Awal berdirinya industri tahu Godong di landasi atas pengembangan usaha industri Ploso Tahu kudus untuk membuka cabang di Kecamatan Godong yang dipimpin oleh Bapak Suwarno(MAs buluk ) dan bekerja sama dengan Bp.Subekhan dari kota Kudus. Tahu sebagai makanan yang sudah familiar ditengah masyarakat kita dan sangat murah meriah serta sebagai makanan sehat yang sangat rendah kalorinya,kebutuhan akan makanan tahu sangat besar baik dari kalangan bawah sampai atas .

PROSES PEMBUATAN TAHU
1.BAHAN BAKU
Salah satu bahan baku pembuatan tahu adalah Kedelai, Banyak Jenis kedelai tapi tidak semua jenis kedelai cocok untuk membuat tahu.hanya ada beberapa kedelai yang berkualiatas yg cocok untuk pembuatan tahu .Sebelum kedelai dibuat menjadi tahu harus mengalami proses terlebih dahulu

A.Penimbangan / Weighing
Kedelai untuk satu kali Produksi dibutuhkan 13 kg yang dapat menghasilkan tahu menjadi 600 potong dalam satu kali produksi

B.Perendaman/Submergence
Kedelai yang telah ditimbang direndam dalam bak / tong yang telah diisi Air selama 15 menit . setelah proses merendam selesai kedelai dibersihan dari kotoran tanah , batu kerikil guna mengahasilkan tahu yang berkwalitas kemudian d masukan dalam ember.

C.Penyelepan/MIxer
Peneyelepan adalah sebuah mesin gerindra untuk menghancurkan kedelai menjadi bubur kedelai yag digerakan dengan sebuah mesin diesel 4 pk yang sudah di bersihkan lewat perendaman dalam air menjadi bubur kedelai.

D.Penggodokan/Boil

Setelah melalui proses penyelepan kedelai , bubur kedelai yang sudah di tampung dalam ember di masukan dalam Bejana/sumur uap yang akan di masak selama 15 menit dengan menggunakan uap panas berasal dari tangki ketel uap melalui sebuah pipa .
untuk menghasilkan tahu yang baik dalm proses memasak bubur kedelai hal yang penting di perhatikan perbandingan campuran air dengan bubur kedelai serta suhu atau tekanan uap panas diatas 100 drajat celcius guna mengasilkan biang tahu / sari pati tahu yang berkwalitas

E . Penyaringan/Filtration
Bubur tahu yang sudah dimasak selama 15 menit kemudian disaring menggunakan alat penyaringan berupa kain putih / blaco yang diikat keempat sudutnya pada sebuah besi melintang empat titik yang menggantung diatas sebuah bejana/sumur. Penyaringan akan memisahkan sari pati kedelai dengan ampas tahu.

Tobe continueeeed.............

2 komentar:

  1. gan ane penasaran nieh ama bikin tahu ini, dan saya juga kepegen mengembangkan tahu ini bisakah di beri info gan mengenai no tlp yg bia di hubungi karen kami butuh tenaga ahli

    BalasHapus
  2. gmn gan qt bener2 butuh bantuan tenaga ahli dan juga informasi gan

    disni perusahaan tahu saya juga ingin membuat tahu godong dan mereformasi nya gan mhn bantuannya gan

    ni alamat email aya gan
    zen_17apr@yahoo.com

    BalasHapus